Layanan Perpustakaan SMA MBOYAK



Pengertian layanan
Pelayanan publik atau pelayanan umum dapat diartikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang maupun jasa yang menjadi tanggung jawab individu satu terhadap individu lain dalam rangka mengupayakan pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan perauturan perundanga-undangan.

Jenis-jenis layanan
Jenis-jenis layanan yang terdapat di dalam sebuah perpustakaan, antara lain sebagai berikut:
1.      Layanan Loker
Adalah penyediaan fasilitas untuk menitipkan tas atau barang-barang lain seperti  makanan dan jaket yang tidak boleh di bawa masuk ke perpustakaan. Seperti yang telah kita ketahui di perpustakaan pusat Universitas Negeri Malang untuk menitipkan tas maka kita harus meminjam kunci loker yang dijaga oleh petugas di depan pintu masuk perpustakaan dan menyerahkan KTP sebagai jaminannya.  

2.      Layanan Sirkulasi
Merupakan layanan kepada pengguna yang berkaitan dengan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi. Namun layanan sirkulasi tidak hanya berkaitan dengan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi saja, tetapi juga memiliki tugas untuk penagihan koleksi yang belum dikembalikan, penagihan denda, memberikan surat lunas administrasi perpustakaan, mencatat jumlah pengunjung dan peminjam.

3.      Layanan Referensi
Layanan referensi atau layanan rujukan merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan pengguna perpustakaan atau dengan kata lain suatu layanan untuk memberikan bantuan kepada pengguna perpustakaan yang membutuhkan informasi agar dapat menemukan informasi yang diinginkannya tersebut. Petugas layanan referensi tidak hanya menyediakan bahan-bahan referensi di perpustakaannya saja, tetapi juga harus memberikan jasa rujukan maupun pengarahan agar pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan.  
  
4.      Layanan Penelusuran Informasi
Merupakan kegiatan pelayanan dengan cara memberitahukan fasilitas atau informasi yang dimiliki oleh perpustakaan agar informasi atau fasillitas yang ada diperpustakaan dapat diketahui dan dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna atau pemustaka. Adapun media yang dapat dijadikan sebagai alat penyebarluasan informasi antara lain: daftar tambahan buku, brosur, e-mail, website, dll.

5.      Layanan Koleksi Informasi Terbaru
Layanan koleksi informasi terbaru adalah suatu bentuk jasa kesiapan informasi terbaru yang diupayakan untuk disampaikan sesegera mungkin kepada pengguna  perpustakaan, sehingga mengetahui perkembangan keadaan koleksi atau informasi terbaru. Dengan begitu pengguna perpustakaan dapat mengikuti perkembangan informasi tentang  koleksi terbaru di sebuah perpustakaan, jadi pengguna tidak ketinggalan informasi.

6.      Layanan Koleksi
Merupakan suatu kegiatan untuk pelayanan berbagai jenis koleksi yang dimiliki perpustakaan. Seperti adanya layanan koleksi umum, layanan koleksi sirkulasi, layanan koleksi cadangan, layanan koleksi terbitan berkala, layanan koleksi digital, layanan koleksi referensi, layanan koleksi khusus, dan layanan koleksi tugas akhir.

7.      Layanan Ruang Baca
Layanan yang menyediakan fasilitas untuk membaca atau belajar diruang-ruang perpustakaan. Fasilitas yang disediakan adalah berbagai jenis koleksi perpustakaan, meja, kursi, penerangan, ruang diskusi, komputer penelusuran, hotspot, AC, dan toilet. Penyediaan fasilitas ini dimaksudkan agar pengguna perpustakaan merasa nyaman berada di perpustakaan.

8.      Layanan Fotocopy
Adalah penyediaan fasilitas penggandaan informasi tertulis dan tercetak untuk keperluan pendidikan  dan penelitian. Layanan ini sangat penting karena apabila pemustaka ingin meminjam koleksi referensi tetapi pada hakikatnya koleksi referensi ini tidak boleh di bawa pulang, maka pemustaka dapat memanfaatkan layanan ini untuk menggandakan koleksi referensi yang tidak boleh dibawa pulang tersebut.
  
9.      Layanan Workstation dan Mulimedia
Merupakan layanan yang menyediakan fasilitas komputer yang dapat di gunakan untuk pengetikan, penelitian maupun internet. Dapat juga dalam ruang layanan workstation ini disediakan peralatan multimedia untuk mengakses koleksi digital. Layanan ini sudah tersedia di perpustakaan pusat Universitas Negeri Malang, di lantai 1 sebelah barat.
  
10.  Layanan Internet atau wi-fi
Layanan yang menyediakan fasilitas internet untuk pengguna atau pemustaka yang berada di perpustakaan. Layanan ini merupakan layanan yang sangat diminati oleh pemustaka dengan kata lain pemustaka datang ke perpustakaan tidak hanya ingin mencari bahan koleksi tetapi juga memanfaatkan layanan internet ini. Jika saya amati pengguna yang memanfaatkan fasilitas ini sangat banyak hampir 50 % dari pengunjung perpustakaan. Pengguna layanan ini merasa sangat beruntung karena selain aksesnya yang cepat di perpustakaan juga menyediakan tempat yang nyaman untuk memanfaatkan faslitas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar