Pengertian layanan
Pelayanan publik atau pelayanan umum
dapat diartikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang
maupun jasa yang menjadi tanggung jawab individu satu terhadap individu lain
dalam rangka mengupayakan pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka
pelaksanaan ketentuan perauturan perundanga-undangan.
Jenis-jenis
layanan
Jenis-jenis layanan yang terdapat di dalam sebuah
perpustakaan, antara lain sebagai berikut:
1. Layanan
Loker
Adalah
penyediaan fasilitas untuk menitipkan tas atau barang-barang lain seperti makanan dan jaket yang tidak boleh di bawa
masuk ke perpustakaan. Seperti yang telah kita ketahui di perpustakaan pusat
Universitas Negeri Malang untuk menitipkan tas maka kita harus meminjam kunci
loker yang dijaga oleh petugas di depan pintu masuk perpustakaan dan
menyerahkan KTP sebagai jaminannya.
2. Layanan
Sirkulasi
Merupakan
layanan kepada pengguna yang berkaitan dengan peminjaman, pengembalian dan
perpanjangan koleksi. Namun layanan sirkulasi tidak hanya berkaitan dengan
peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi saja, tetapi juga memiliki
tugas untuk penagihan koleksi yang belum dikembalikan, penagihan denda,
memberikan surat lunas administrasi perpustakaan, mencatat jumlah pengunjung
dan peminjam.
3. Layanan
Referensi
Layanan
referensi atau layanan rujukan merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan
dengan pengguna perpustakaan atau dengan kata lain suatu layanan untuk
memberikan bantuan kepada pengguna perpustakaan yang membutuhkan informasi agar
dapat menemukan informasi yang diinginkannya tersebut. Petugas layanan
referensi tidak hanya menyediakan bahan-bahan referensi di perpustakaannya
saja, tetapi juga harus memberikan jasa rujukan maupun pengarahan agar pengguna
menemukan informasi yang dibutuhkan.
4. Layanan
Penelusuran Informasi
Merupakan
kegiatan pelayanan dengan cara memberitahukan fasilitas atau informasi yang
dimiliki oleh perpustakaan agar informasi atau fasillitas yang ada
diperpustakaan dapat diketahui dan dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna
atau pemustaka. Adapun media yang dapat dijadikan sebagai alat penyebarluasan
informasi antara lain: daftar tambahan buku, brosur, e-mail, website, dll.
5. Layanan
Koleksi Informasi Terbaru
Layanan
koleksi informasi terbaru adalah suatu bentuk jasa kesiapan informasi terbaru
yang diupayakan untuk disampaikan sesegera mungkin kepada pengguna perpustakaan, sehingga mengetahui perkembangan
keadaan koleksi atau informasi terbaru. Dengan begitu pengguna perpustakaan
dapat mengikuti perkembangan informasi tentang
koleksi terbaru di sebuah perpustakaan, jadi pengguna tidak ketinggalan
informasi.
6. Layanan
Koleksi
Merupakan
suatu kegiatan untuk pelayanan berbagai jenis koleksi yang dimiliki
perpustakaan. Seperti adanya layanan koleksi umum, layanan koleksi sirkulasi,
layanan koleksi cadangan, layanan koleksi terbitan berkala, layanan koleksi
digital, layanan koleksi referensi, layanan koleksi khusus, dan layanan koleksi
tugas akhir.
7. Layanan
Ruang Baca
Layanan
yang menyediakan fasilitas untuk membaca atau belajar diruang-ruang
perpustakaan. Fasilitas yang disediakan adalah berbagai jenis koleksi
perpustakaan, meja, kursi, penerangan, ruang diskusi, komputer penelusuran,
hotspot, AC, dan toilet. Penyediaan fasilitas ini dimaksudkan agar pengguna
perpustakaan merasa nyaman berada di perpustakaan.
8. Layanan
Fotocopy
Adalah
penyediaan fasilitas penggandaan informasi tertulis dan tercetak untuk keperluan
pendidikan dan penelitian. Layanan ini
sangat penting karena apabila pemustaka ingin meminjam koleksi referensi tetapi
pada hakikatnya koleksi referensi ini tidak boleh di bawa pulang, maka
pemustaka dapat memanfaatkan layanan ini untuk menggandakan koleksi referensi
yang tidak boleh dibawa pulang tersebut.
9. Layanan
Workstation dan Mulimedia
Merupakan
layanan yang menyediakan fasilitas komputer yang dapat di gunakan untuk
pengetikan, penelitian maupun internet. Dapat juga dalam ruang layanan workstation ini disediakan peralatan
multimedia untuk mengakses koleksi digital. Layanan ini sudah tersedia di
perpustakaan pusat Universitas Negeri Malang, di lantai 1 sebelah barat.
10. Layanan
Internet atau wi-fi
Layanan yang menyediakan fasilitas
internet untuk pengguna atau pemustaka yang berada di perpustakaan. Layanan ini
merupakan layanan yang sangat diminati oleh pemustaka dengan kata lain
pemustaka datang ke perpustakaan tidak hanya ingin mencari bahan koleksi tetapi
juga memanfaatkan layanan internet ini. Jika saya amati pengguna yang
memanfaatkan fasilitas ini sangat banyak hampir 50 % dari pengunjung
perpustakaan. Pengguna layanan ini merasa sangat beruntung karena selain
aksesnya yang cepat di perpustakaan juga menyediakan tempat yang nyaman untuk
memanfaatkan faslitas ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar